Inspektur Kabupaten Semarang

 

SOEMARDJITO, SH. MM
NIP. 19600523 198607 1 001
 

 

RANCANGAN RENCANA STRATEGIS

INSPEKTORAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016 – 2021

(RINGKASAN)

 

VISI DAN MISI SKPD

A.   Visi

Visi Inspektorat Kabupaten Semarang :

MEMBANGUN BUDAYA TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK

(GOOD GOVERNANCE) MELALUI PENGAWASAN

YANG OBYEKTIF DAN PROFESIONAL

 

Penjelasan makna Visi :

Tata pemerintahan yang baik (Good Governance) merupakan isu yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi publik dewasa ini, dan merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam mencapai cita-cita bangsa dan negara. Pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin agar pemerintahan daerah berjalan sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Prinsip otonomi daerah menggunakan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam arti daerah diberikan kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintahan diluar yang menjadi urusan pemerintah yang ditetapkan dalam Undang-undang. Agar otonomi daerah dapat dilaksanakan sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai, pemerintah wajib melakukan pembinaan berupa pemberian pedoman seperti dalam penelitian, pengembangan, perencanaan dan pengawasan.

Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan adanya profesionalisme pengawasan oleh aparat Inspektorat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan :

1.  Peningkatan akuntabilitas pemerintah;

2.  Laporan hasil audit yang independen;

3.  Penghindaran duplikasi audit yang berakibat pada penghematan biaya;

4.  Penyampaian laporan yang tepat waktu;

5.  Peningkatan kemampuan  untuk mengambil langkah-langkah perbaikan berdasarkan laporan dan rekomendasi audit.

 

B.   Misi

Misi Pembangunan Daerah Kabupaten Semarang, untuk Inspektorat masuk dalam misi ke-3 yaitu :

“Menciptakan pemerintahan yang katalistik dan dinamis dengan mengedepankan prinsip good governance didukung kelembagaan yang efektif dan kinerja aparatur yang kompeten, serta pemanfaatan teknologi informasi”

 

Dari Misi yang tertuang dalam RPJMD tersebut, Inspektorat menetapkan misi:

1)   Melaksanakan pengawasan;

2)   Melakukan evaluasi dan pemantauan kinerja;

3)   Melaksanakan pembinaan di bidang pengawasan;

4)   Diseminasi informasi pengawasan;

5)   Peningkatan kualitas sumber daya manusia pengawasan; dan

6)   Melaksanakan kegiatan tata laksana Inspektorat Kabupaten Semarang.

 

Penjelasan Makna Misi

1.  Tuntutan masyarakat terhadap aparatur pemerintah yang mengemban tugas dalam pelayanan publik mengharuskan aparatur untuk lebih profesional dalam arti pelayanannya memiliki akuntabilitas dan responsibilitas. Hal tersebut diharapkan dapat terwujud dengan adanya pengawasan yang mampu memperkecil dan menekan KKN, penyalahgunaan wewenang, kebocoran dan pemborosan kekayaan dan keuangan negara, pungutan liar serta berbagai bentuk penyelewengan yang menghambat pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan maupun merusak citra dan kewibawaan aparatur pemerintah.

2.  Agar supaya pelaksanaan kegiatan pengawasan berjalan dengan lancar diperlukan dukungan, baik berupa penyediaan dana, sarana, pengawasan/pemeriksaan dan dukungan ketatausahaan yang cukup serta peningkatan kemampuan APIP agar semakin berkualitas.

 

 

C.   TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH SKPD

Tujuan merupakan pengejawantahan visi dan misi yang telah ditetapkan dalam jangka waktu satu sampai dengan lima tahun mendatang. Terdapat 4 (empat) tujuan jangka menengah yang telah ditetapkan oleh Inspektorat Kabupaten Semarang. Tujuan jangka menengah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan koordinasi dan sinergi pengawasan antar APIP dan instansi terkait.
  2. Mempercepat pencapaian pemerintahan Kabupaten Semarang yang bebas KKN;
  3. Meningkatkan akuntabilitas instansi pemerintah Kabupaten Semarang;
  4. Meningkatkan kapasitas aparat pengawasan intern pemerintah daerah yang profesional dan kompeten;

 

Sasaran adalah hasil yang akan dicapai secara nyata oleh organisasi secara lebih spesifik, terukur, dalam kurun waktu yang lebih pendek. Sesuai dengan tujuan organisasi maka sasaran yang hendak dicapai dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, ditetapkan 4 (empat) sasaran jangka menengah yang telah ditetapkan oleh Inspektorat Kabupaten Semarang. Adapun sasaran jangka menengah tersebut sebagai berikut:

 

 

Tujuan 1       :Meningkatkan akuntabilitas instansi pemerintah Kabupaten Semarang.

Sasaran    :Meningkatnya kualitas laporan perencanaan dan pelaksanaan kinerja dan keuangan Pemda Kabupaten Semarang dan SKPD.

 

Tujuan 2       :Mempercepat pencapaian pemerintahan Kabupaten Semarang yang bebas KKN.

Sasaran    :Meningkatnya kualitas pengawasan, pemeriksaan, pembinaan dan pemantauan kinerja dan keuangan di lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Semarang.

 

Tujuan 3       :Meningkatkan kapasitas aparat pengawasan intern pemerintah daerah yang profesional dan kompeten.

Sasaran    :Meningkatnya kemampuan teknis APIP dalam melaksanakan audit dan narasumber diklat/pelatihan teknis di lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Semarang.

 

Tujuan 4       :Meningkatkan koordinasi dan sinergi pengawasan antar APIP dan instansi terkait.

Sasaran    :Meningkatnya kualitas koordinasi pengawasan antara APIP dengan SKPD di lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Semarang.

 

D.  STRATEGI DAN KEBIJAKAN

    Strategi yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten Semarang dalam mencapai visi dan misi tahun 2016-2021 dapat dijelaskan dalam tabel berikut ini:

VISI :

Terwujudnya masyarakat Kabupaten Semarang yang maju mandiri tertib dan sejahtera

MISI 3 : 

Menciptakan pemerintahan yang katalistik dan dinamis dengan mengedepankan prinsip good governance didukung kelembagaan yang efektif dan efisien serta kinerja aparatur yang kompeten dan profesional, dengan pemanfaatan teknologi informasi

 

 

Pranala Luar

 

 
 
 

 

Login Form

inspektorat tanpa_korupsi larwas