Inspektur Kabupaten Semarang

 

SOEMARDJITO, SH. MM
NIP. 19600523 198607 1 001
 

 

          Reviu LKjIP adalah penelaahan atas LKjIP untuk memastikan bahwa LKjIP yang disusun oleh SKPD di Kabupaten Semarang telah menyajikan informasi kinerja yang andal, akurat dan berkualitas.

Pelaksana reviu adalah APIP, yaitu Inspektorat Kabupaten Semarang. Obyek reviu adalah SKPD di Kabupaten Semarang yang ditunjuk.

 

Tempat :

Reviu dilaksanakan di Inspektorat Kabupaten Semarang berdasarkan data LkjIP yang telah dikirimkan oleh SKPD kepada bagian organisasi Setda Kab. Semarang dan Inspektorat Kab. Semarang.

 

Waktu Pelaksanaan:

Bulan Maret 2016.

 

Tujuan reviu atas laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah adalah:

a. Membantu penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di Kabupaten Semarang.

b. Memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan, dan keabsahan data/informasi kinerja Instansi Pemerintah sehingga dapat menghasilkan Laporan Kinerja yang berkualitas.

Untuk mencapai hal tersebut diatas, maka apabila pereviu menemukan kelemahan dalam penyelenggaraan manajemen kinerja dan kesalahan penyajian data/informasi dan penyajian laporan kinerja SKPD, maka unit pengelola kinerja di masing-masing SKPD harus segera melakukan perbaikan atau koreksi atas kelemahan/kesalahan tersebut secara berjenjang.

 

Tata Cara Reviu LKjIP :

a)  Pengumpulan data/informasi

Hal ini dilakukan terkait untuk menguji keandalan dan akurasi data/informasi kinerja yang disajikan dalam Laporan Kinerja.

b)  Penelaahan penyelenggaraan SAKIP secara ringkas

Hal ini dilakukan untuk menilai keselarasan antara perencanaan strategis di tingkat Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dengan perencanaan strategis unit dibawahnya, terutama dalam hal keselarasan sasaran, indikator kinerja, program dan kegiatannya.

c)  Penyusunan kertas kerja reviu

Kertas kerja reviu, setidaknya mencakup hal-hal sebagai berikut:

1) Hasil pengujian atas keandalan dan akurasi data atau informasi kinerja dalam laporan kinerja;

2) Telaahan atas aktivitas penyelenggaraan SAKIP;

3) Hal yang direviu dan langkah-langkah reviu yang dilaksanakan;

4) Hasil pelaksanaan langkah-langkah reviu dan kesimpulan/catatan pereviu.

d) Setelah melakukan reviu, Inspektorat Kabupaten Semarang akan membuat Surat Pernyataan Telah Direviu dan surat tersebut merupakan bagian dari laporan kinerja dari masing-masing SKPD yang direviu.

 

Dasar pelaksanaan:

1) Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 53 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

2) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 tahun 2015 tentang Kebijakan Pengawasan di Lingkungan kementerian Dalam Negeri dan Penyelenggaraan pemerintah Daerah Tahun 2016.

3) DPA Inspektorat Kabupaten Semarang tahun 2016.

Gambar 1

Pelaksanaan Pelatihan bagi APIP Inspektorat KAbupaten Semarang dalam rangka peningkatan kemampuan Pereviu LKjIP. Terakhir dilaksanakan pada tanggal 26-27 Februari 2015.

Pranala Luar

 

 
 
 

 

Login Form

inspektorat tanpa_korupsi larwas