Inspektur Kabupaten Semarang

 

SOEMARDJITO, SH. MM
NIP. 19600523 198607 1 001
 

 

Telah dilaksanakan kegiatan Gelar Pengawasan Daerah tingkat Kabupaten Semarang Tahun 2017 yang digelar oleh Inspektorat Kabupaten Semarang pada hari Selasa, 31 Oktober 2017. Bertempat di The Wujil Resort Ungaran, kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 80 undangan dari Perangkat Daerah dan BLUD serta perwakilan dari desa dan sekolah-sekolah di Kabupaten Semarang.

Read more: Larwasda 2017

Serah Terima Jabatan Inspektur Kabupaten Semarang

 

Pada hari Senin, tanggal 10 April 2017, jabatan Inspetur Kabupaten Semarang telah berubah. Bapak Choliq, SH. Menyerahterimakan jabatan Inspektur kepada Bapak Soemardjito, SH. MM. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang. Bpk. Choliq, SH. telah menjabat sebagai Inspektur selama 6 tahun (sejak tahun 2012) dan telah memberikan banyak warna dalam perjalanan Inspektorat Kabupaten Semarang, bahkan atas atensinya bapak Inspektur serta jajaran aparatur Inspektorat dapat mengawal Kabupaten Semarang memperoleh opini BPK “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” selama 6 tahun berturut-turut.

 

Read more: sertijab

             Dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017 yang menegaskan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran tahunan daerah, untuk menjamin konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran agar menghasilkan APBD yang berkualitas serta menjamin kepatuhan terhadap kaidah-kaidah perencanaan dan penganggaran, kepala daerah harus menugaskan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sebagai quality assurance untuk melakukan reviu atas dokumen perencanaan dan penganggaran daerah yakni reviu atas KUA-PPAS dan RKA-SKPD.

Read more: Reviu RKA 2017

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2010 menyebutkan, pengertian Rencana strategis SKPD (Renstra SKPD) adalah dokumen perencanaan SKPD untuk periode 5 (lima) tahun yang memuat visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah. Oleh karena itu, Inspektorat Kabupaten Semarang perlu menyusun rencana strategis sebagai pedoman dalam melaksanakan program dan kegiatan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.

RANCANGAN RENCANA STRATEGIS

INSPEKTORAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016 – 2021

(RINGKASAN)

 

VISI DAN MISI SKPD

A.   Visi

Visi Inspektorat Kabupaten Semarang :

MEMBANGUN BUDAYA TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK

(GOOD GOVERNANCE) MELALUI PENGAWASAN

YANG OBYEKTIF DAN PROFESIONAL

 

Penjelasan makna Visi :

Tata pemerintahan yang baik (Good Governance) merupakan isu yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi publik dewasa ini, dan merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam mencapai cita-cita bangsa dan negara. Pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin agar pemerintahan daerah berjalan sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Read more: RINGKASAN RENSTRA INSPEKTORAT

Pranala Luar

 

 
 
 

 

Login Form

inspektorat tanpa_korupsi larwas